Hakikat Teknologi Komunikasi
Sesungguhnya teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras
dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang
memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar informasi dengan individu-individu lain
(rogers, 1986:2).
- Teknologi komunikasi adalah alat
- Dilahirkan oleh sebuah struktur ekonomi, sosial dan politik
- Membawa nilai-nilai yang berasal dari struktur ekonomi, sosial dan politik tertentu
- Meningkatkan kemampuan indera manusia; terutama kemampuan mendengar dan melihat
Sejarah singkat pertekom:
- Era komunikasi tulisan, 4000 sm –sekarang
- Era komunikasi cetak, 1456-sekarang
- Era telekomunikasi, 1844-sekarang
- Era komunikasi interaktif, 1946-sekarang
Ciri-ciri komunikasi interaktif :
- Orang yang terlibat bisa berinteraksi dengan leluasa
- Umpan balik, segera bisa diketahui
- Penyampaian pesan dilakukan secara verbal maupun gambar
- Menggunakan media interaktif
Media interaktif :
Media yang dipakai untuk saling tukar informasi, baik untuk keperluan
hiburan, pendidikan, bisnis, yang menggunakan komputer, telepon, atau layar tv
Satelit digunakan untuk :
ú Komunikasi antar titik di permukaan bumi,
seperti media komunikasi radio, TV dan Internet. Satelit komunikasi menerima,
memperkuat dan mentransmisikan sinyal suara, musik, TV, telepon, telegraf,
image, dan data dari satu titik ke titik lain di bumi. Jadi, satelit adalah repeater
atau pengulang sinyal
ú Titik acuan (point of reference), untuk
menetapkan lokasi di ruang angkasa.
ú Mengamati bumi dan lingkungannya. Misalnya,
lapisan ozon yang semakin tipis dan bumi semakin panas diamati melalui satelit.
ú Mengumpulkan dan melaporkan informasi ilmiah.
Misal, satelit membuat rekaman gambar/foto adanya air di planet Mars, berarti
terdapat kemungkinan adanya kehidupan di Mars.
GELOMBANG PERADABAN
u Gelombang Pertama (8000 SM)
u Gelombang Kedua (1700 SM – 1970 an)
u Gelombang Ketiga (> 1970 an)
Era Pertanian :
•
Manusia sangat tergantung pada alam
•
Kekayaan diukur dari lahan atau tanah
•
Metodologi peperangan pada penguasaan lahan dengan senjata konvensional
•
Agama sebagai kekuatan sosial yang dominan
•
Brahmana, ulama dan pendeta mempunyai fungsi dominan dalam struktur dan
sistem sosial
•
Penguasa mengidentikkan diri sebagai wakil Dewa Langit atau Tuhan
Era Industri :
- Tenaga kerja dimobilisasi, dimotivasi, didisiplinkan untuk mengikuti metode dan ritme kerja manufaktur
- Kekayaannya adalah modal atau kapital untuk membeli/membuat mesin dan mendirikan pabrik
- Sasaran terletak pada penguasaan aset industri
- Nation state mulai berperan secara dominan
- Negara dan ideologi mempunyai fungsi dominan
- Persenjataan modern berupa kapal perang, rudal dan kompleks industri untuk melindungi dan mendukung nation states
Era Informasi :
- Mata pencahariannya berkaitan dengan informasi
- kekayaan diukur dari akses terhadap informasi
- Produk yang diperebutkan adalah informasi
- Korporasi dan market menjadi kekuatan yang menonjol
- Agama dan negara masih berperan (berdampingan), namun korporasi dan market meningkat
- Metodologi persaingan beralih pada penguasaan persepsi melalui komputer, media, chips dan informasi atau disinformasi
KEBUDAYAAN DAN PERADABAN
Kebudayaan adalah segala sesuatu yang memberi pengaruh pada
perilaku manusia dalam berkomunikasi
dengan manusia lain sehingga tingkat pengetahuan manusia yang berkaitan
dengan sistem ide atau gagasannya sangat ditentukan oleh kelompok masyarakat
yang menaunginya.
Perwujudan dari sebuah kebudayaan adalah perilaku manusia, bahasa,
benda-benda, agama, seni, dan lain-lain yang akan membentuk sebuah peradaban
manusia. Jadi, peradaban
manusia adalah proses perwujudan dari kebudayaan manusia. Peradaban mempunyai
kaitan erat dengan sistem masyarakat. Peradaban
adalah hasil dari kebudayaan sendiri, contoh; praktik dalam pertanian, yang
dari zaman ke zaman semakin berubah. Jadi,
peradaban adalah sebuah sistem yang dihasilkan dari kebudayaan yang semakin
maju dan modern.
PERUBAHAN LINGKUNGAN MEDIA
Dalam Era Informasi
Media-media yang tadinya terpisah berintegrasi menjadi satu
kesatuan
KONVERGENSI
INTERNET
MEDIA MASSA
TRADISIONAL
KONVERGENSI
Perubahan Lingkungan Media
l Konvergensi Teknologi
l Konvergensi Industri
l Perubahan Gaya Hidup
l Perubahan Karir
l Perubahan Peraturan
l Pergeseran isu-isu sosial
Konvergensi Teknologi
l Semua bentuk teknologi komunikasi dengan cepat
berkonvergensi menjadi format
yang dapat dibaca komputer (computer
readable), yakni format digital
l Misal, Musik dalam format CD (dulu harus dalam pita)
Konvergensi Industri
l Industri dalam bidang telepon, komputer, TV
kabel, dan media melakukan merger dan bekerja sama untuk memperoleh
keuntungan dalam persaingan media. Selain keuntungan finansial, juga sebagai
upaya untuk mengontrol/menguasai masa depan media.
Murdoch memiliki media kelas dunia.
l Sunday Times, Majalah
porno Sun dan News of the World.
l Koran New York Post, New York Times, Majalah Star dan
The News Week
l Associated Press (AP) & United Press International
(LJPI) yang
berpusat di AS.
berpusat di AS.
l Star TV di Asia
l Twentieth Century Fox, Fox Network
Perubahan Gaya Hidup
l Konvergensi merubah cara hidup individu.
Konvergensi memperkenalkan pola hidup baru; jalinan hubungan
sosial, identitas baru, budaya baru
l Misalnya, Memesan buku lewat internet
Pergeseran isu-isu sosial
l Bentuk baru kekerasan, rasisme dan seksisme
(pornografi) baru
l Keamanan kerja dalam industri informasi
l Privasi dalam dunia komputerisasi
l Kesenjangan antara mereka yang mampu mengakses
teknologi dan yang tidak
l Globalisasi informasi
l Kritik terhadap media massa (konsumerisme & hedonisme meruak ke permukaan)
TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN
TEKNOLOGI INFORMASI
Contoh :
DISTRIBUSI & PROPAGASI PESAN MELALUI TEKNOLOGI KOMUNIKASI
PENGERTIAN TEKNOLOGI
Teknologi (Dimitri Mahayana). Teknologi
berasal dari bahasa Yunani . Techne, artinya adalah keahlian Logos, artinya ilmu atau pengetahuan yang berguna. Teknologi dapat diartikan sebagai keahlian yang
disistematisasi dan diorganisasi menjadi pengetahuan berguna. Teknologi, secara bebas dapat diartikan sebagai penerapan ilmu pengetahuan dasar (science)
terhadap sesuatu untuk meningkatkan kegunaan atau nilai tambahan (added
value). Teknologi, menurut Prof.
Dr. Iskandar Alisjahbana, Ing. (dalam tulisannya “Teknologi dan Kebudayaan) Cara melakukan
sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal (hardware
dan software) sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat
lebih ampuh anggota tubuh, panca-indra, dan otak manusia.
Teknologi komunikasi menurut Onong Uchjana Effendy : “Kemampuan teknik
berlandaskan ilmu pengetahuan mengenai proses berlangsungnya komunikasi melalui
media massa.” Teknologi
komunikasi menurut Grant
(1995) Sistem syaraf dari
masyarakat kontemporer, mengirimkan, mendistribusikan, dan mengendalikan
informasi, dan menghubungkan sedemikian banyak berbagai hal yang terpisah. Teknologi
komunikasi Menurut Ely
(1982) “mencakup sistem-sistem komunikasi seperti
satelit siaran langsung, kabel interaktif dua-arah, penyiaran bertenaga rendah
(low power broadcasting), komputer (termasuk personal computer dan
komputer genggam yang baru), dan televisi (termasuk video disk dan video
tape cassete)”.
Pada masanya, Istilah Teknologi Komunikasi (TK) dibedakan
dari Teknologi Informasi (TI) TK mencakup pengertian yang lebih luas, termasuk sistem, saluran, jaringan,
content & nilai, perangkat keras, dan perangkat lunak dari
komunikasi modern dan TI termasuk merupakan bagian di dalamnya.
TI dalam pengertian hardware atau perangkat kerasnya. TI
identik dengan perangkat komputer dan kelengkapannya saja. Menurut Alwi Dahlan, TK untuk segala sesuatu
yang berkenaan dengan transmisi pesan, dari pengiriman sampai penerimaan, sedangkan
TI menyangkut pengolahan dan penyimpanan informasi. Dewasa ini, Dengan perkembangan konvergensi antara kedua teknologi itu, makin lama makin
sukar membedakan TI dan TK. Keduanya saling berkaitan satu sama lain. Oleh
karena itu, kedua istilah tersebut dapat dipertukarkan (exchangeable).
REVOLUSI
KOMUNIKASI
Ø Dissyanake (1983)
Ledakan (eksplosi) teknologi komunikasi yang ditandai
dengan meningkatnya penggunaan satelit, mikro-prosesor, komputer, pelayanan
radio, dan perubahan yang terjadi sebagai konsekuensi yang ditempa oleh bidang
sosial, ekonomi, politik, kultural, dan gaya hidup manusia.
Ø Schramm (1988)
Revolusi
komunikasi merupakan bagian dari serangkaian perubahan yang berlangsung dalam
sejarah kehidupan manusia. Jadi revolusi komunikasi adalah salah satu dari
sekian revolusi yang terjadi di berbagai bidang, yakni revolusi politik, pendidikan, pertanian dan industri.
MENGAPA
TERJADI ?
Marwah Daud Ibrahim : Revolusi Komunikasi muncul karena adanya
akselerasi eksponensial (begitu cepatnya hingga belum diketahui kapan akan
mereda) dari perkembangan teknologi komunikasi dan penemuan media komunikasi
yang luar biasa dibandingkan dengan perkembangan komunikasi yang beringsut
lambat di awal peradaban manusia jutaan atau ribuan tahun yang lalu.
PENEMUAN
DALAM BIDANG KOMUNIKASI
Menurut Schramm
“Dari bahasa lisan ke tulisan dibutuhkan waktu sekurang-kurangnya 5 juta
tahun. Dari tulisan ke percetakan sebanyak 5000 tahun. Dari percetakan ke media
audio visual, fotografi, telepon, rekaman suara, radio, televisi, sekitar 500
tahun. Dari media-visual ke komputer modern kurang dari 50 tahun.”
Ahli lainnya memberi istilah :
•
G.
Lichteim dengan Post- bourgeois
•
Amitai Etzioni dengan post-modern
•
Roderick Seidenberg dengan post-historic
Daniel Bell dengan post-industrial
KESIMPULAN
Pendekatan yang digunakan para ahli memang berbeda-beda dan berakhir pada
konklusi yang beragam, tetapi semuanya mengakui akan pentingnya peranan
teknologi komunikasi dan informasi dalam mempengaruhi dan membentuk masa depan.
Apapun namanya, masyarakat yang akan datang ditandai dengan dominasi teknologi
komunikasi.
Revolusi Bidang Komunikasi
- Bahasa
- Tulisan
- Mesin cetak (1454;Guttenberg)
- Telekomunikasi.
PERKEMBANGAN
TELEKOMUNIKASI :
l TERIAKAN, NYALA API/OBOR, HEMBUSAN ASAP & BURUNG
l PONY EXPRESS (SURAT VIA KENDARAAN KUDA) (1860)
l TELEGRAPH dengan kode morse
l TELEPON (1876); ditemukan oleh Alexander Graham Bell
l BROADCASTING (1910 &1920)
l SATELIT DI AS (1972) & INDONESIA (1976)
l VIDEO SYSTEM (1980)
l INTERNET (1990)
Karakteristik Teknologi Komunikasi :
l Adanya kebebasan dan kesempatan memilih di
antara berbagai metoda dan alat untuk melayani kebutuhan manusia dalam
komunikasi.
l Kemungkinan mengkombinasikan teknologi, metoda
dan sistem-sistem yang berbeda dan terpisah selama ini.
l Kecenderungan ke arah desentralisasi,
individualisasi, dalam konsep dan pola pemakaian teknologi komunikasi.
PENGGUNAAN MEDIA :
u Dizard (1997)
Rata-rata orang Amerika menghabiskan waktu 2700
jam pertahun menonton televisi atau mendengarkan radio. Dalam 337
hari mereka menghabiskan waktu + 8 jam sehari untuk hal
tersebut. 800 jam lainnya diserap oleh media lain, seperti musik
rekaman, buku, suratkabar, majalah dan internet. Hamlin (1995)
Waktu penggunaan media, yakni selama 3500
jam tersebut, merupakan waktu yang sangat banyak digunakan oleh individu
dibandingkan untuk aktifitas lain, termasuk bekerja atau tidur. BAGAIMANA DENGAN ANDA? MEMBACA AL-QUR`AN,
MENONTON SINETRON, ATAU TIDUR?
AKTIFITAS. Aktifitas yang paling banyak adalah aktifitas
informasi, yaitu terkait dengan upaya memproduksi, memproses dan
mendistribusikan informasi, contohnya mass media, telekomunikasi dan industri
komputer. Mereka yang bekerja untuk mencari, mengolah,
menyimpan, memproses atau mendistribusikan informasi adalah pekerja informasi.
Contohnya : Programmers, Produser TV, jurnalis, Public Relations, Advertising,
Account Executive, Akuntan dan Sekretaris.
Media Konvergensi
Menurut Staubhaar dan La Rose (2000) : Konvergensi adalah integrasi dari media massa, komputer dan telekomunikasi
menjadi sebuah kesatuan secara teknologis dan institusi mendasar.
Kesatuan secara
teknologis :
Beberapa teknologi yang terpisah menjadi satu.
Contoh :
l Telepon ,komputer dan teknologi internet
l Ponsel Multimedia
l Surat kabar digital
l Televisi multimedia
l Radio web
Institusi yang mendasar :
Media pokok dan utama dalam melakukan
aktifitas, melaksanakan tugas, melayani kebutuhan. Media yang mau tidak mau
harus digunakan untuk berkomunikasi dengan pihak lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar